Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Tempat Wisata Museum Populer Di Bogor

Museum adalah tempat wisata dengan berbagai macam koleksi peninggalan sejarah maupun seni yang tidak ternilai harganya. Hampir setiap daerah ataupun kota di Indonesia memiliki wisata berupa museum. Salah satu kota yang memiliki banyak museum yakni Bogor. Ada banyak tempat museum terbaik di Bogor yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga, teman maupun pasangan.

Ya,beberapa museum berikut ini sangat populer sekali dan tidak asing lagi di telinga masyarakat warga Bogor. Apabila anda ingin berkunjung ke kota Bogor. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa museum ini. Apa saja dan dimana saja? berikut informasinya.




Tempat Wisata Museum Di Bogor


1. Museum Pembela Tanah Air (PETA)
Bagi Anda yang menyukai sejarah Bangsa Indonesia dan ingin menggali kiprah perjuangan pahlawan PETA (Pembela Tanah Air) di Bogor dalam mengusir penjajah, museum PETA merupakan destinasi yang tepat. Museum ini memiliki koleksi benda peninggalan masa Perjuangan PETA dalam melawan penjajah. Di dekat museum terdapat monumen berupa patung Sudancho Supriadi untuk mengenang jasanya sebagai komandan pleton PETA. Selain patung Sudancho Supriadi, terdapat patung Jenderal Soedirman yang merupakan perwira tinggi pada masa itu. Museum ini sendiri berlokasi di Jalan Jendral Soedirman, Bogor.

2. Museum Kepresidenan
Tempat museum terbaik di Bogor selanjutnya adalah Museum Kepresidenan. Meskipun termasuk Museum yang belum lama dibangun, namun Museum ini tak kalah menarik dengan Museum lainnya yang telah berdiri sejak lama. Museum ini berada di samping Istana Bogor. Tujuan didirikannya museum ini adalah untuk mengenang dan menghargai kiprah setiap presiden Indonesia. Segala peninggalan yang terkait dengan masa kepemimpinan masing-masing presiden disimpan dan dirawat dengan baik. Di dalam museum, terdapat patung setiap presiden yang dibuat dari perunggu. Museum ini juga menyajikan setiap profil dari masing-masing presiden secara lengkap. Bagi Anda yang ingin menambah wawasan mengenai presiden-presiden Indonesia, silahkan berkunjung ke Museum Kepresidenan. Berawal dari mengunjungi museum kepresidenan, siapa yang tahu Anda akan menjadi presiden selanjutnya? Bagaimana?

3. Museum Zoologi
Museum Zoologi termasuk kedalam tempat museum terbaik di Bogor. Museum ini cukup populer, pasalnya dikelola oleh para ahli zoology yang bekerja di pusat penelitian LIPI Indonesia. Memiliki segala koleksi yang lengkap berkaitan dengan satwa yang ada di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, Museum Zoologi memiliki tempat khusus untuk mengadakan pameran. Bagi Anda yang terarik untuk mempelajari dan menggali informasi mengenai sejarah satwa Indonesia, maka museum zoology bisa jadi referensi menarik.

4. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia
Pernahkah Anda mendengar Museum ini sebelumnya? Museum ini merupakan Museum yang dapat dikategorikan sebagai museum baru di Indonesia. Meskipun belum lama berdiri, namun museum ini termasuk tempat museum terbaik di Bogor.  Tak hanya di Bogor saja, bahkan museum ini menjadi satu-satunya museum di Indonesia  yang berisikan proses sejarah Alam negeri ini, termasuk perkembangan flora dan faunanya dari lini masa yang berbeda. Museum Zoology merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani.

5. Museum Perjuangan
Terletak di Kelurahan Cibogor,  Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Museum dengan koleksi benda-benda historical ini berdiri. Museum Perjuangan memiliki koleksi diorama-diorama perjuangan yang ada di Kota Bogor. Berbagai senjata berupa senapan, pakaian pahlawan, dan mata uang peninggalan penjajah juga menjadi koleksi museum ini.

Bogor merupakan Kota yang kaya akan wisata edukatifnya, baik penelitian maupun sejarah semua dapat Anda gali melalui museum. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi museum di Kota Bogor, 5 museum diatas adalah beberapa Tempat Museum Terbaik di Bogor yang wajib untuk Anda kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi anda yang ingin mengunjungi kota hujan saat liburan atau study tour.

Posting Komentar untuk "Daftar Tempat Wisata Museum Populer Di Bogor"